Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Upgrade OpenSSL 0.98 ke Versi OpenSSL 1.0.1 atau terbaru


Howeby - Barangkali Sahabat Howeby mengalami kendala saat akan melakukan instalasi Composer Laravel dengan munculnya pesan:

"Some setting on your machine may cause stability  issues the Computer. If you encaunter Issues try to change the following:The OpenSSL on Library (0.98y) used by PHP does not support TlSv 1.2 or TlSv 1.1. If possible you should upgrade OpenSSL, to version 1.0.1 or above."

Gambar 1 Pesan Error Saat Instalasi Lavarel

Pesan diatas menginformasikan bahwa instatalasi Composer Laravel tidak dapat diselesaikan sebab OpenSSL on Library 0.98y PHP pada komputer tidak support dengan TlSv 1.2 or TlSv 1.1, kita dianjurkan untuk melakukan upgrade OpenSSL ke Versi OpenSSL 1.1.0 atau lebih.

Cara Upgrade OpenSSL 

Ada dua cara untuk mengupgrade OpenSSL. Cara pertama menginstall OpenSSL dengan tool installer di http://slproweb.com/products/Win32OpenSSL.html. Untuk dapat menggunakan tool installer ini kita harus berdonasi minimal $10. Cara kedua  melakukan pembaharuan Server Apache dengan minimal OpenSSL 1.1.0.

Disini saya menggunakan cara kedua, selain gratis kita juga bisa mendapatkan Server Apache terbaru dengan dukungan  PHP versi terbaru, Open SSL pun otomatis versi terbaru.

Note: Dalam memilih Server kita juga perlu mempertimbangkan apakah cocok dengan server requirement Lavarel. Jangan sampai kita menggunakan Apache/2.4.26  dengan OpenSSL/1.0.2l  PHP/5.6.31, malah kita pilih lavarel versi 5.5 (versi ini mesnyaratkan minimal PHP >7). Server Apache dengan versi /2.4.26 lebih cocok dengan Laravel versi 5.2 kebawah.
 

Install Xampp Apache Server Terbaru

Xampp Package versi terbaru tersedia https://www.apachefriends.org/download.htmlLakukan instalasi seperti biasa (klik next dan next ).

Note: Sebelum melakukan instalasi Xampp sebaiknya backup data di htdocs dan expor database yang ada di PhpMyAdmin. Uninstall Xampp Package versi lama, silakan masuk ke folder C:/Xampp pilih file Uninstall. dan hapus seluruh file yang ada di folder C:/Xampp.

Mengecek OpenSSL

Buka web browser, ketikkan localhost/phpmyadmin.
Gambar 2. Melihat versi OPenSSL


Selesai. Semoga Bermanfaat

Sumber:
https://unix.stackexchange.com/questions/354339/upgrade-openssl-for-old-version-xampp.
http://www.stackoverflow.com




Post a Comment

0 Comments