Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi "Invalid Column Count in CSV input On line 1" Saat Import Data Excel Ke Mysql

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk melakukan insert data ke database MySQL (PHPmyadmin) hanya dapat dilakukan satu persatu. Sedangkan data yang kita miliki merupakan data excel yang berjumlah puluhan bahkan sampai ribuan baris data. Dan semua data tersebut harus dimasukkan ke database dalam waktu yang singkat.

Yapp. Kita gunakan saja fasilitas import yang ada di PHPMyadmin. Sebagai langkah pertama,  kita mengkonversi data excel ke dalam bentuk file .CSV bukan? . Kemudian kita membuka tabel yang di tuju (PHPMyAdmin), dan tak jarang kita menemui pesan Invalid Column Count in CSV input On line 1

Penyebab Invalid Column Count in CSV input On line 1 

Ada beberapa hal yang menyebabkan error ini muncul diantaranya dan perlu sekali kita perhatikan sebelum melakukan import file CSV dengan PHPMyadmin:

1. Delitimer/Pembatas

Beberapa Komputer menyimpan file .CSV dengan semicolon (;) sebagai pembatasnya, bukan koma (,). Untuk melihat apakah komputer menggunakan file pembatas semicolon (;) atau tidak, buka saja file .csv dengan notepad.

Kemudian untuk mengatasi masalah ini dalam format specific options, pilih Column separated select semicolon (;) bukan koma (,) ya.

2. Jumlah Kolom tidak sesuai

Pada tabel di database (yang akan saya impor), kita memiliki 3 buah kolom/field . Sedangkan pada tabel di CSV hanya ada 2 kolom/field.

Pastikan jumlah kolom pada data CSV sama dengan jumlah kolom/field pada tabel PHPMyadmin. Tidak boleh lebih atau kurang.

Kolom data .CSV=Kolom Tabel PhpMyadmin

3 field/kolom di PHPMyamdin
3 kolom data di CSV

3. Number Format

Bisa jadi pada data CSV kamu menggunakan format type number sedangkan di kolom jenis database kamu  menggunakan type char/text,

Untuk meminimalisir  kita dapat merubah semua formatnya ke general. Kita bisa saja memakai format type number asalkan sesuai dengan type kolom pada tabel di database seperti integer, double.dll.
Untuk mengetahui number format, buka file csv, sorot data.




Tahapan Yang Benar Import File CSV ke PHPMyAdmin

  1. Buka data Excel yang akan diimport.
    Gambar 1 File Excel yang akan diimport ke Phpmyadmin
    Perlu diingat bahwa agar file excel .xls tersebut dapat disimpan ke bentuk .csv, kita hanya diperbolehkan menyisakan satu sheet. Pada gambar 1 dapat dilihat ada tiga sheet yaitu sheet barang, pelanggan, dan Sheet3 sehingga kita harus menghapus dua sheet lainnya dan menyisakan satu sheet. Dalam hal ini sheet yang disisakan yaitu sheet yang bernama barang, hasilnya dapat dilihat pada gambar 2 berikut ini.
    Gambar 2 Menyisakan satu Sheet agar bisa di save as ke .CSV
  2. Kemudian simpan (save as) file excel tersebut menjadi "Microsoft Office Excel Comma Separated Values file (.csv). 
    Gambar 3 Menyimpan data Excel Ke CSV
  3. Setelah selesai menyimpan. Kita buka terlebih dahulu php myadmin kemudian buka database, kemudian buka tabel yang akan kita insert data. Dalam hal ini nama database yang digunakan distributor_db dan  tabel yang digunakan tb_barang dengan struktur tabel seperti gambar dibawah ini.
    Gambar 4 Struktur tabel tb_barang
  4. Pilih atau klik Tab Import, pilih file dengan menekan "browse". Set format ke CSV. Pada "Columns separated with" yang awalnya berisi tanda koma (,) ganti dengan tanda titik koma (;). Kemudian Klik Go

    Gambar 5. Tahapan saat masuk pengimportan di phpmyadmin
    perlu diperhatikan pada "Columns Separated with" ganti dengan tanda titik koma (;)
  5. Import Data yang sukses ditandai dengan pesan Import has been succesfully finished, 61 query executed. 61 query merupakan jumlah baris pada excel.
Note: 
  • Jika data CSV yang kita import terdapat data dalam bentuk nominal uang yang biasanya memiliki format semisal 200.000 maka kita harus merubahnya dalam bentuk 200000. agar
  • Pastikan antara jumlah antara field pada phpmyadmin dengan jumlah field pada excel sama. Sebagai contoh Lihat pada gambar 3. terdapat 3 kolom atau 3 field yaitu kodebarang, namabarang, harga_jual dan lihat pula pada gambar 4. hanya terdapat 3 field yaitu kdbarang, namabarang, harga.Jika jumlah field tidak sama maka akan menyebabkan invalid column count in  CSV input on line  1

Post a Comment

5 Comments

  1. Sdh saya coba ganti koma jadi titik koma kok tetep gak bisa ya mas, tetep muncul peringatan Invalid column count in CSV input on line 1 apa ada cara lain?

    ReplyDelete
  2. coba dilakukan secara urut langkah-langkahnya,

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya mudah, hapus saja judul kolomnya

      Delete
    2. hapus judul kolom ketika masih di excel sebelum dilakukan pengimportan ke phpmyadin, semoga berhasil :)

      Delete