Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Install Laravel 5 dengan XAMPP di windows 7

Howeby- Hallo sahabat Howeby kali ini kita akan melakukan instalasi Laravel 5 dengan Xampp Apache Server di windows 7.

Install Xampp

Langkah pertama, tentunya kita wajib punya Xampp. Jika belum punya, download saja di situs resminya Download Xampp. Lakukan Instalasi seperti biasa (next dan next).

Composer

Composer adalah sebuah pengelola PHP Package yang terintegrasi dengan Framework Laravel. Dengan adaya Composer, kita memiliki akses yang luas dan mudah untuk mendapatkan banyak package yang sudah disediakan Framework Laravel. Kita bisa mendapatkan composer di situs Laravel Download Composer. 

Install Composer, (lihat cara install composer).

Setelah  menginstall komposer, selanjutnya bukalah terminal windows atau command prompt (klik icon windows pada keyboard dan tombol R secara bersamaan, ketik cmd, tekan enter)  ketikkan composer.

Gambar 1. Hasil Eksekusi Composer di CMD

Install Laravel Framework

Pastikan koneksi internet kita stabil dan composer sudah terinstall. 

Buka terminal windows /cmd arahkan ke direktori  htdocs , ketikkan cd C:\xampp\htdocs tekan enter. Selanjutnya untuk menginstall laravel ketik perintah 

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog "5.1.*" 

Keterangan: blog merupakan nama project kita, silakan bisa diganti sesuai keinginan. 5.1.* adalah versi laravel yang akan kita install, jika ingin install laravel versi terbaru silakan gunakan perintah composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog. 

Selanjutnya Composer akan mendownload skeleton dari framework Laravel, berupa folder dan files siap pakai. Proses download ini membutuhkan kira-kira 5-8 menit.

Gambar 2. Isi Folder dan file framework Laravel

Tips:  
Jika pada saat  selesai install laravel,  ternyata kita lupa mengarahkannya pada direktori C:\xampp\htdocs. Maka tenang saja, kita tidak perlu mengulangi proses install pada direktori tersebut. Karena  selain memakan waktu, juga alasan hemat kuota(hehe). Cara mudahnya cari saja file Laravel,  kita cukup buka direktori C:\Users\hp (hp jenis pc yang digunakan sesuaikan dengan pc yang kita gunakan atau kita bisa melihatnya baris awal di command prompt) . Cari folder blog(nama projectmu). Kemudian copy folder tersebut  dan tempatkan di diretori htdocs (C:\xampp\htdocs).

Menjalakan Laravel di Xampp

Kita akan menjalankan web server dengan menggunakan perintah artisan Laravel. 

Buka cmd arahkan ke direktori laravel (cd C:\xampp\htdocs\nama_project_laravel), lalu tekan enter. Ketikkan perintah 

php artisan serve 

php artisan serve perintah yang kita gunakan untuk menjalankan project di server:8000 (localhost:8000). Buka web browser dan ketikkan URL 

localhost/namaprojectlaravel/public 

atau bisa juga dengan

localhost:8000

karena nama project saya blog maka url  yang saya gunakan localhost/namaprojectlaravel/public.Tekan enter jika muncul tulisan Laravel ,ini  tanda project kita siap digunakan.

Gambar 3. Tulisan Laravel, tanda project siap

Selesai. Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments